I. PENDAHULUAN
Latar Belakang
Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti satu sama lain
saling membutuhkan , setiap individu memiliki karakter yang berbeda beda . Oleh
karena itu dalam berkehidupan kita didukung untuk selalu berinteraksi antar
sesamanya untuk menjalin hubungan yang baik . dalam keadaan yang saling
membutuhkan ini setiap individu pasti ada yang memiliki tujuan yang sama .
dalam hal ini mendorong ada nya keterkaitan setiap individu untuk
berorganisasi.
II. TEORI
pengertian
organisasi yang umum kita dengar adalah sekumpulan orang yang bekerja sama
untuk mencapai tujuan bersama (J.R. Schermehorn). Pengertian organisasi berbeda
dengan pengertian kelompok, akan tetapi apabila bila dilihat dari alasan atau
sebab sebab orang berkelompok, maka apabila memiliki tujuan bersama maka
kelompok tersebut akan bekerja sama untuk tujuan tersebut. Kemudian dilanjutkan
oleh Bapak Chester J. Bernard bahwa pengertian organisasi adalah kerja sama dua
orang atau lebih, suatu sistem dari aktivitas aktivitas (System from all
activity) atau kekuatan kekuatan (Strength) perorangan yang dikoordinasikan
secara sadar. Pengertian organisasi yang dikembangkan oleh Chester ini
menekankan pada bagian koordinasi dan sadar yang memiliki sistem. Hal tersebut
wajar dikarenakan tujuan bersama yang dibuat oleh setiap anggota organisasi
haruslah secara sadar kritis terbangun dalam visi misi organisasi.
Pengertian organisasi menurut Philip Selznick bahwa
organisasi adalah peraturan personil (arrangement of personal) guna mempermudah
pencapaian beberapa tujuan yang telah ditetapkan (for facilitating the accomplishment of some
agreed purpose) melalui alokasi fungsi dan tanggung jawab (Through the
allocation of functions and responsibilities).
Berdasarkan pengertian organisasi diatas dapat diambil
beberapa poin penting yaitu:
1. Kumpulan dua orang atau lebih
2. Kerja sama
3. Tujuan bersama
4. Sistem koordinasi kegiatan
5. Pembagian tugas dan tanggung jawab personil
Berdasarkan pendapat Thompson bahwa pengertian organisasi
adalah sebuah integrasi anggota angota spesial yang sangat rasional dan
impersonal (adil) yang bekerja sama (kooperasi) untuk mencapai tujuan tujuan
spesifik yang telah diumumkan. Sedangkan menurut Bapak Robbins (1996)
pengertian organisasi adalah entitas sosial yang terkoordinasi secara sadar
dengan batas batas yang dapat diidentifikasi yang berfungsi untuk mencapai
tujuan tujuan yang relatif berlanjut ataupun seperangkat tujuan.
Kedua pengertian organisasi ini berbeda dari penekanannya
tentang apa yang membentuk organisasi. Thompson menekankan terhadap anggota
anggota yang rasional sedangkan Robbins menekankan terhadap entitas sosial yang
terkoordinasi. Selain itu, tujuan dari organisasi pun berbeda, berdasarkan
pengertian organisasi Thompson bahwa organisasi itu mencapai tujuan yang
disuarakan atau diserukan maka kerja pemimpin dalam organisasi sangatlah
penting sebagai penyampaian tujuan tujuan organisasi, sedangkan Robbins seluruh
tujuan organisasi yang berlanjut atapun seperangkat tujuan tersebut.
Ciri-ciri organisasi
Organisasi bertambah besar
Penggunaan staf lebih intensif
Unsur-unsur organisasi lebih lengkap
Pengelolaan data semakin cepat
Adanya prinsip-prinsip atau azas-asaz organisasi
Cenderung spesialisasi
Unsur-Unsur
Organisasi
Man, adalah unsur utama pembentuk organisasi yang disebut
sebagai personil atau anggota yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri atas
unsur pimpinan (administrator) sebagai pemimpin tertinggi organisasi, para
manajer pemimpin unit tertentu suatu kerja sesuai fungsinya dan para pekerja
(workers). Setiap hal tersebut merupakan kekuatan organisasi.
Kerja Sama, adalah unsur organisasi dimana setiap anggota
atau personil melakukan perbuatan secara bersama-sama untuk tujuan bersama.
Tujuan Bersama, adalah Sasaran yang ingin dicapai/
diharapkan baik dari prosedur, program, pola atau titik akhir dari pekerjaan
organisasi tersebut.
Peralatan (Equipment), adalah sarana dan prasarana yang
berupa kelengkapan dari organisasi tersebut baik itu berupa bangunan (gedung,
kantor), materi, uang, dan kelengkapan lainnya.
Lingkungan (Environment), adalah unsur organisasi yang juga
memiliki pengaruh. Faktor tersebut adalah ekonomi, sosial budaya, strategi,
kebijaksanaan. anggaran, dan peraturan yang telah ditetapkan.
Kekayaan Alam, yang termasuk dengan kekayaan alam adalah
air, cuaca, keadaan iklim, flora dan fauna.
Kerangka/Kontruksi Mental Organisasi, adalah landasan dari
organisasi yang berada pada visi organisasi tersebut dibuat.
TEORI ORGANISASI
Manusia
adalah mahluk social yang cinderung untuk hidup bermasyarakat serta mengatur
dan mengorganisasi kegiatannya dalam mencapai sautu tujuan tetapi karena
keterbatasan kemampuan menyebabkan mereka tidak mampu mewujudkan tujuan tanpa
adanya kerjasama. Hal tersebut yang mendasari manusia untuk hidup dalam
berorganisasi.
Beberapa
definisi tentang Organisasi:
Menurut
ERNEST DALE:
Organisasi
adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan
pemeliharaan suatu struktur atau pola
hubunngan kerja dari orang-orang dalam suatu kerja kelompok.
Menurut CYRIL SOFFER:
Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang
masing-masing diberi peran tertentu dalam suatu system kerja dan pembagian
dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan kemudian
digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil.
Menurut
KAST & ROSENZWEIG:
Organisasi adalah sub system teknik, sub system structural,
sub system pshikososial dan sub system manajerial dari lingkungan yang lebih
luas dimana ada kumpulan orang-orang berorenteasi pada tujuan.
Definisi
UMUM:
“Kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai
tujuan”
Pendapat saya tentang organisasi yang baik
Menurut saya organisasi yang baik ialah organisasi yang jelas . yang dimaksud jelas disini ialah memiliki leader yang mampu untuk
memimpin organisasi nya agar kedepannya lebih baik .Secara mudah untuk dipahami organisasi bisa di sebut sekumpulan orang-orang yang disusun dalam
kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama
ANALISA
setiap orang yang melakukan sebuah/suatu organisasi pasti
memiliki manajemen , tujuan , serta tata kerja
yang sama sehingga organisasi tersebut berjalan dengan baik , jika
mereka buruk dalam 3 hal tersebut mungkin organisasi itu tidak bertahan lama
kecuali jika mereka bisa mengantisipasinya .
REFERENSI
http://www.apapengertianahli.com/2015/03/pengertian-organisasi-tujuan-ciri-struktur-organisasi.html
http://www.artikelsiana.com/2015/04/pengertian-organisasi-tujuan-ciri-ciri-manfat-unsur-unsurorganisasi.html
http://bangbiw.com/ciri-ciri-unsur-dan-teori-organisasi/
s_tiwi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/17350/MINGGU_3.doc
http://erlysaf.blogspot.co.id/2012/10/apa-itu-organisasi.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
No comments:
Post a Comment