Friday 10 March 2017

Tugas I Peng. Animasi & Design Grafis

Kelompok :





Logo Ferrari


            Ferrari merupakan salah satu merk otomotif paling terkenal di dunia, citra dari Ferrari sendiri sangat lekat dengan logo yang telah dipakai sejak pertama kali Ferrari didirikan yaitu, kuda jingkrak.

            Sejarah dari logo legendaris Ferrari bermula dari seorang pahlawan Italia bernama Count Francesco Baracca yang merupakan anggota angkatan udara Italia pada Perang Dunia I. Lambang kuda berjingkrak diambil dari lambang yang berada pada pesawat Count Francesco Baracca yang gugur dalam pertempuran setelah membawa 34 kemenangan selama bertugas. Kuda berwarna hitam sebagai tanda duka atas gugurnya Count Francesco Baracca, sedangkan latar belakang berwarna kuning menunjukkan warna dari wilayah dimana Ferrari didirikan yaitu Modena serta garis hijau, putih dan merah yang melambangkan bendera Italia. Sementara huruf ‘S’ untuk Scuderia dan ‘F’ untuk Ferrari.

            Selain pemilihan kombinasi untuk logo legendaris Ferrari yang berdasarkan dengan sejarah, warna-warna serta gambar yang digunakan sangat memiliki daya tarik sehingga membuat logo ini menjadi sangat terkenal. Lambang kuda berjingkrak melambangkan keperkasaan, kekuatan, dan tenaga yang sangat cocok akan gambaran Ferrari, yaitu menciptakan mobil yang bertenaga besar, cepat dan bermesin kuat. Warna hitam sendiri pada garis, gambar, dan tulisan menciptakan kesan mewah dan elegan dan penuh misteri. Sementara warna kuning dihubungkan dengan energi, kebahagiaan, dan keceriaan serta sangat menarik perhatian. Warna kuning juga memberikan efek hangat, merangsang aktifitas mental, membangkitkan kegembiraan, dan membangkitkan energi. Kombinasi warna hijau, putih, dan merah yang merupakan warna dari bendera kebangsaan Italia menjadi suatu kombinasi yang baik dalam segi sejarah maupun nasionalisme, warna hijau melambangkan harmoni, dan pertumbuhan, putih melambangkan kebaikan, kesucian, dan kemurnian, dan merah yang melambangkan hasrat, gairah, dan energi yang menggebu.

            Ferrari sudah membangun citra sebagai perusahaan yang menciptakan mobil-mobil berkekuatan besar, tangguh, cepat, dan mewah yang dapat terlihat secara jelas dari logo yang mereka gunakan. Kombinasi dari pemilihan warna, gambar, dan tulisan membuat logo Ferrari sempurna bagi sebuah merk otomotif yang melambangkan keperkasaan, kekuatan, kecepatan, dan ketangguhan.


1 comment: